Her Poo

AW Mangga Dua, December 17th 2011

she stood by the cashier
she could still hear him laugh and say:
"cukup nggak?"

she sat by the opposite corner where they had sat
she heard sister j four years ago:
"even if you put poo in a vase, it will still be poo."

she turned on her laptop, and started to write:
"a vase can be made of glass or porcelain
but also of words."



Even If

Even if I speak a hundred words of wisdom,
it won't make up for even one lie I've told.

Even if I preach a series of sermon,
it won't make up for even one bad thing I've said.

Even if I hold a religious title,
it won't make up for even one sin I've done.

Even if I go into denial till the rest of my life,
it won't make up for even one damage I've made.

Don't be Taken by Surprise

Don't be taken by surprise when one calls you friend because she or he is in need. Didn't people say, "A friend in need is a friend indeed?"

If you want to make many friends, be with people who are in need. But if you want to find out the true ones, be in need yourself.

Don't be taken by surprise when you are in need but those who called you friend disappear. On the contrary, someone who doesn't know you, who doesn't receive from you, who doesn't need you, comes to your rescue.

If you are in need and need someone, trust in GOD, for HE will make a way for the unknown to come to you. But if the unknown does not come your way, trust in HIM still. Your way is probably not HIS way.

Don't be taken by surprise when the unknown disappears after rescue. Isn't the glory for HIM alone?

If you want to thank the unknown, be a friend to those in need but have nothing to thank you.

22 Stop trusting in mere humans,
   who have but a breath in their nostrils.
   Why hold them in esteem?

Isaiah 2:22

To Me

27 “But to you who are listening I say: Love your enemies, do good to those who hate you, 28 bless those who curse you, pray for those who mistreat you. 29 If someone slaps you on one cheek, turn to them the other also. If someone takes your coat, do not withhold your shirt from them. 30 Give to everyone who asks you, and if anyone takes what belongs to you, do not demand it back. 31 Do to others as you would have them do to you.
   32 “If you love those who love you, what credit is that to you? Even sinners love those who love them. 33 And if you do good to those who are good to you, what credit is that to you? Even sinners do that. 34 And if you lend to those from whom you expect repayment, what credit is that to you? Even sinners lend to sinners, expecting to be repaid in full. 35 But love your enemies, do good to them, and lend to them without expecting to get anything back. Then your reward will be great, and you will be children of the Most High, because he is kind to the ungrateful and wicked. 36 Be merciful, just as your Father is merciful.

Luke 6:27-36

The Human Mind

The human mind is fascinating, because

When something works into our conscience,
we say, "This is boring."

When we are afraid to use something,
we say, "This is useless."

When we don't like the fact that we are inferior to someone,
we say, "I don't need your lecture."

When something appears true but threatens us,
we say, "This is senseless."

When we want to feel smart but know we aren't,
we say, "I know you are a bla, bla, bla... (negative)."

When we know that we are wrong but can't admit it,
we say, "You think you are the only one right."

When our minds turn mad,
we say, "You are mad."

but not always.

Inspired by this on November 2nd 2011

Tanya Kenapa

Kenapa sayuran harus disiangi?
Karena kalau pagi sayurannya baru dibeli.

Kenapa saya tidak cakap berenang?
Karena kalau berenang sambil bercakap-cakap, saya tersedak.

Kenapa kalau anjing menyalak, khafilah berhenti?
Karena khafilah suka sekali makan salak.

Kenapa orang Arab tidak pernah membajak sawah?
Karena takut dituduh teroris oleh Amerika.

Kenapa membabat rumput itu tidak enak?
Karena babat itu enaknya dengan daun bawang, bukan rumput.

Kenapa penawar racun itu langka?
Karena racun itu biasanya harganya pas.

Kenapa cowoq suka ngapelin ceweq?
Karena dulu Adam diberi apel oleh Hawa dan sejak itu jadi ketagihan.

Kenapa kita tidak boleh mencampakkan orang?
Karena campak itu bisa menular.

Kenapa orang rambutnya disasak?
Karena kalau di papua, ongkosnya lebih mahal.

Kenapa orang bisa keracunan akalin?
Karena diakalin temannya.

Beautiful As A Woman

once upon a time in a poor village
was born a baby girl
she was thin and fragile
her head was covered with black curly hair
between her dark brown eyes stood her sharp nose
her full little red lips laid beneath
she was obviously pretty

she grew up, went to work in the city
and made some fortune
she no longer had to spend hours under the sun
she had time to linger in her tub
and could afford long hours in a beauty parlor
paying extra care for her curly black long hair up to her toes
her wealth helped enhanced her beauty

her long rough journey from a thin fragile poor baby
into a wealthy noticable beautiful woman
indeed helped built her character
she was also fortunate to be surrounded by noble friends
who shared with her the meaning of true life
which in the end enriched her innner beauty

as it is with a woman
so it is with a country
and her people

Jakarta, August 28th 2011

I Marked My Calender

when was it that i felt tempted?
i marked my calender

when was it that i wronged someone?
i marked my calender

when was it that i needed to forgive?
i marked my calender

every page on my calender was full
from january to december

How Blind Can It Be?

I'm used to hear people say things such as:

"Is there anything in Vietnam?"
"Haven't you already been to Vietnam? You are going to Vietnam again??"
"I have never think of traveling to Vietnam."

and even... "I hate Vietnam."

Although I have been using "Lock & Lock"s productS for quite awhile, I didn't realize until a few days ago that "Lock & Lock" is manufactured in Vietnam. So does the label under the bottle say: "Dibuat di: Vietnam". I checked my other water bottles and it was the same. I went to the supermarket to check the products on the shelve. Some had no labels, but many had. Just like mine.

Wow! Don't despise Vietnam, I said to myself. So now if someone asks what's so interesting about Vietnam, the answer is that because Vietnam can produce "Lock & Lock". Hahaha!

Thinking that everyone has his own likes and dislikes, I shared this photo with someone who loves Singapore but hates Vietnam. I shared this photo through Facebook by tagging him. I knew very well he didn't like Vietnam. I just meant to tease him, but of course in a friendly way.

He commented instead: I'm not interested :P *I hate Vietnam*

Well.. as a matter of fact, I didn't mean to seek for his interest at all. I thought we were friends. I thought friends use to tease each other. However, it didn't occur to me how serious his hatred for Vietnam was until I found out he had removed my tag.

Well... okay, it's just a tag. No big deal. But since it's just a tag on just a bottle (that happened to be manufactured in Vietnam), why bother to remove the tag? Friends sometimes tag me on their photos which don't really appeal to me or frankly speaking, I don't actually find interesting. But unless it's something inappropriate, I won't remove the tag. Ah...

Does he hate Vietnam that much that he must remove my tag from this photo of a water bottle? Does he feel ashamed that his friends would see a water bottle manufactured in Vietnam on his Facebook? Ah...

What wrong has Vietnam done to him? Vietnam is just a country and not his country, anyway.

However, more than a year ago, when I went to Vietnam Museum of Ethnology in Hanoi, I was very, very surprised to learn that some of the traditions among the various ethnic groups in Indonesia actually originated from Vietnam. Most interestingly, his ethnic group was mentioned as one among the ethnic groups that inherited Vietnamese tradition. Aha! Have you heard the stories of historians suspecting Hitler to have a Jewish blood?

People say, love is blind. Which is more blind actually, love or hatred?

Semoga Ini (Cepat) Tidak Benar

kalau kamu ingin tahu
seperti apa indonesia itu
naiklah transjakarta

kalau kamu ingin lebih tahu
seperti apa karakter bangsanya
sering-seringlah naik transjakarta

kalau kamu lelah membaca sejarahnya
yang panjangnya berabad-abad itu
baca saja sejarah transjakarta hingga sekarang

oh ya, kalau kamu ingin tahu
apa bedanya pengemudi transjakarta dan supir angkot
jangan lihat jasnya!

Takut Karena Salah

Lagi-lagi Busway Transjakarta meledak ketika tengah melaju. Ketika ada yang memotret kejadian itu, 2 petugas (1 berseragam biru dan 1 berseragam batik) beserta pengemudinya mengeroyok si pemotret. Terutama pengemudinya, marah bukan main. Si Pemotret dibilang "maling". Berikut ini ucapan-ucapan Sang Pengemudi Transjakarta berinisial Are Pee tersebut.

"Kalau fotonya nanti masuk Facebook dan lain-lain, saya yang kena!" 

"Kalau fotonya sampai disebarluaskan dan ada apa-apa, situ tanggung jawab ya!"

"Ini cuma musibah. Ban meledak saja."

"Kalau motret pengemudi yang sedang bergaya, begini, begitu (pengemudi memasang gaya) boleh. Tetapi kalau motret plat nomor tidak boleh."

"Kalau memotret plat nomor, harus minta ijin petugas dulu."

"Tampang kayak gini nggak mungkin wartawan!"

"Kalau cowoq, udah gue gampar!"

"Nokia gue juga lebih keren!"

Kata Si Pemotret: "Mas memperlakukan saya seperti orang ketakutan begitu. Kalau Mas tidak merasa bersalah, mengapa Mas mesti marah?"

Jawaban Sang Pengemudi berjas itu: "Elu kalo banyak ngomong, gue bawa ke pos!"

Di bangku SD kelas empat dulu aku disuruh menghafalkan pepatah: Berani karena benar, takut karena salah. Semoga sikap aparat Transjakarta bukan cerminan negeri ini. Semoga.

A Bossy Boss

gives orders to everybody
but rarely does a thing

blames anybody
but himself

can talk
but can't listen

knows many languages
but the word 'sorry'

acts like a master
but not a gentleman

and my boss is in the church

Pintu, Kunci, dan Pak Darwin

Hidup tanpa impian tentulah hidup yang membosankan. Demikianlah halnya dengan Pintu, Kunci, dan Pak Darwin. Pintu sudah jenuh terus menerus terikat pada Kusen. Setiap kali Pintu mau maju, Kusen selalu mencengkeram engselnya dengan sangat erat. Akhirnya Pintu mundur kembali. Tetapi sambil mundurpun, Kusen tak sudi melepaskan sedikitpun cengkeramannya. Kadang Kusen mencengkeram Pintu dengan begitu eratnya, sampai-sampai melalui engselnya Pintu berteriak-teriak. Pintu bermimpi bahwa suatu hari nanti ia akan terlepas dari Kusen.

Lain lagi kisahnya dengan Kunci dan Pak Darwin. Kunci sadar betul bahwa dia kecil dan dia cuma sebagai alat. Kunci sadar betul bahwa Pak Darwin senantiasa mengantongi dia bukan karena kulit keemasannya, melainkan karena Pak Darwin membutuhkannya untuk membuka Pintu. Ketika Pintu berhasil terbuka, besar kemungkinan Pak Darwin akan membiarkan Kunci tergantung di Pintu dan tak seorangpun menyadari keberadaan Kunci di Pintu. Kunci, meskipun kecil, cukup cerdas untuk membaca impian Pak Darwin menguasai ruang sebelah.

Sebetulnya Kunci bisa saja perlahan-lahan merobek saku Pak Darwin dan membebaskan diri dari Pak Darwin. Namun Kunci memilih tetap di situ.  Kunci juga punya impian. Impiannya adalah untuk melihat dunia yang lebih luas. Untuk itu dia membutuhkan tangan Pak Darwin untuk memasukkan dia ke dalam lubang kunci. Dari sanalah dia akan ikut berkelana dan melihat dunia.

Sementara itu, Pak Darwin merasa jengkel, karena ketika Kunci dimasukkan ke dalam lubang kunci yang ada di Pintu, Kunci seakan enggan bekerja. Dengan sekuat tenaga Pak Darwin berusaha memutar Kunci, tetapi Kunci seakan menolak untuk merubah sikapnya.

Kunci merasa sakit, karena dipaksa untuk berputar. Namun Kunci berusaha keras menahan sakit itu dan tetap sabar. Ketika sakit dirasa, Kunci cepat-cepat mengingat impiannya. Suatu hari, siapa tahu Pintu akan diganti. Ketika Pintu diganti, mungkin lubang kuncinya akan cocok dengan dirinya, sehingga dia bisa bekerja dengan baik ketika tangan Pak Darwin memutarnya. Siapa tahu.

Hari demi hari, bulan demi bulan berganti. Impian Pak Darwin belum juga terwujud. "Baiklah," katanya kepada Kunci. "Saya akan membuka Pintu sendiri bersama teman-teman saya yang ada di sini! Maaf saya telah merepotkanmu dengan menjebloskan kamu berkali-kali ke dalam lubang kunci."

Pak Darwin pun melemparkan Kunci ke lantai. Kunci tidak putus harap. Suatu hari, impiannya akan tercapai.

Pak Darwin mengambil obeng dan mencongkel lubang kunci yang ada di Pintu. Pintu pun akhirnya bisa terbuka. Didorongnya pintu selebar-lebarnya. Ah... inilah dunia yang diimpikan selama ini! Akhirnya...!

Pintu girang bukan main. Setiap kali Angin datang, dia minta supaya Angin membantunya. Maka, berderit-deritlah Pintu dengan engselnya. Dia berusaha sekuat tenaga untuk terlepas dari Kusen. Nihil selalu. Angin kelelahan, lalu pergi. Namun lagi-lagi Pintu tidak putus harap. Suatu hari, impiannya akan tercapai.

Pak Darwin melangkahkan kakinya lebar-lebar di ruang sebelah. Dari ujung ruangan sampai ujung ruangan dia langkahi. Dibentangkan tangannya lebar-lebar. "Impianku tercapai!" teriaknya keras-keras hingga memantul suaranya pada dinding ruangan yang masih kosong itu.

Tiba-tiba teman-teman Pak Darwin lewat. "Hey!" teriak yang satu kepada yang lainnya. "Mengapa Pintu terbuka? Bukankah ruang sebelah seharusnya ditutup?"

"Ya, aku pikir, sebaiknya ditutup saja," sahut salah satu dari mereka.

Dengan gaya khasnya mencari muka, anak buah mereka cepat-cepat menghampiri, "Benar sekali, Pak. Sebaiknya ditutup saja. Kalau dibuka, nanti takutnya merusak image, Pak!"

Teman Satu menepuk-nepuk pundak anak buahnya. "Kamu memang smart!"

Merasa mendapat angin, anak buah ini semakin bersemangat dan otak licinnya berputar cepat. Aha! Impiannya sebentar lagi tercapai! Mudah-mudahan. "Pak, maaf ya, bukan maksud saya untuk sok tahu lho ya, Pak. Tapi ya, Pak, apa kata dunia jika orang melihat ruang sebelah yang kosong melompong itu?"

"Benar, benar," sahut Teman Dua sambil manggut-manggut. "Ya sudah sana, cepat tutup Pintu ruang sebelah!"

Sang Anak Buah menghampiri Pintu, lalu menarik pegangannya. Pintu sendiri hampir saja membuang impiannya. Sungguh benci rasanya dia pada Kusen. Dipejamkannya matanya erat-erat, supaya tidak dilihatnya Kusen. Namun, sementara Sang Anak Buah menarik dirinya, dia bisa merasakan tangan Kusen membelai punggungnya perlahan-lahan. Hihhh! Jijik sekali rasanya. Dipejamkan matanya semakin erat, sampai tiba-tiba...

"Biarkan saja Pintu terbuka." Terdengar suara Pak Darwin yang lembut. Pak Darwin yang diplomatis dan selalu bermain manis, memang selalu lembut tutur bicaranya.

Sang Anak Buah sekali lagi memutar otaknya dengan cepat. Dia tahu posisinya. Membantah Pak Darwin bisa mengacaukan karirnya di kemudian hari. Namun dia juga harus memuaskan teman-teman Pak Darwin, jika dia ingin mencapai impiannya.

"Ah, Pak Darwin, tadinya saya pikir seorang yang pembawaannya tenang dan lembut seperti Bapak akan lebih optimal kerjanya di tempat yang tenang. Di luar sini gaduh sekali, Pak. Yah... pasti Pak Darwin tahu sendirilah bagaimana kalau teman-teman Bapak itu sudah mulai becanda. Ngomong joroknya keluar semua. Sedangkan saya tahu Bapak orang soleh. Jadi saya pikir, sebaiknya Pintu ditutup saja. Maaf, Pak, ternyata saya keliru ya?"

Kata-kata Sang Anak Buah membuat Pak Darwin berpikir. Dia tidak mau oleh Sang Anak Buah dianggap sama dengan teman-temannya yang dipandang tukang becanda yang jorok-jorok itu. Dia sudah dinobatkan sebagai "Orang Soleh". Dia harus menjaga image itu.

"Ah, ternyata kamu perhatian pada saya ya."

Sang Anak Buah menunduk sambil tersenyum malu-malu dibuat-buat.

"Tolong nanti tutup Pintu yang rapat ya," kata Pak Darwin lagi.

Sang Anak Buah mengangkat kepalanya, melayangkan sebuah senyum kepada Pak Darwin, membungkuk sedikit, menunduk, lalu kembali menarik pegangan Pintu. Seeettt... Hah...

Di balik Pintu, Sang Anak Buah mendongakkan kepalanya kembali, meluruskan badannya, dan menarik napas lega. Hah... Selamaaattt...!!

Settt..?? Lho?? Pintu tidak bisa rapat!! Gawat!!

"Ngiiiikkk!! Ngiiikkk!!" Kini melalui lubang kuncinya Pintu berteriak-teriak.

Teriakan... hmmm, lebih tepatnya pekikan, Pintu, terdengar hingga ke seluruh penjuru ruangan kantor. Telinga seluruh karyawan dibuat ngilu olehnya. "Ngiiiikkk!! Ngiiikkk!!"

Teman Satu dan Teman Dua yang sedang cekikikan di depan komputer terperanjat dari kursi mereka. Suara ngilu seperti itu pasti bukan datang dari YouTube di depan mereka.

"A Be (Singkatan dari 'Anak Buah' - red.)!" teriak Teman Satu pada Sang Anak Buah. "Tutup Pintu saja koq lama dan susah betul?!?"

Gawat! Sang Anak Buah tahu betul bahwa impiannya terletak di tangan Teman Satu dan Teman Dua. Putar otak, cepat!!

Hasil kalkulasi instan di otak Sang Anak Buah menunjukkan bahwa Jalur Apa Adanya adalah jalur terbaik saat ini. Maka, "Maaf, Pak. Saya sudah berusaha menarik Pintu rapat, tetapi tidak bisa rapat juga. Jika saya perhatikan pada lubang kuncinya, sepertinya ada kerusakan di situ. Barangkali sudah waktunya diganti, Pak."

Teman Satu dan Teman Dua sama-sama menghampiri Pintu. Kepala mereka berdua menempel berdampingan di depan lubang kunci sama seperti tadi di depan komputer. Hening.

Masih dalam posisi keduanya membungkuk, mereka lalu berpandang-pandangan. Jantung mereka berdegup dua kali lebih keras. Tatapan mata mereka membaca satu sama lain.

"A Be," kata Teman Dua yang sudah lebih dulu pulih dari kekagetannya. "Pintu harus diganti."

Sang Anak Buah masih ingin membuktikan bahwa dia memang smart. "Bagaimana kalau saya ganti rumah lubang kuncinya saja? Daripada mengganti seluruh Pintu, tentu akan lebih menghemat biaya."

"A Be..." ujar Teman Satu yang kini sudah pulih dari kekagetannya juga. "Ruangan ini sudah dibobol orang. Ini suatu tanda yang bisa merusak image kita. Bahaya, kalau Bapak Direktur sampai tahu. Jika rumah lubang kuncinya saja yang diganti, bekas pembobolannya masih bisa terlihat, karena Pintu sudah sedikit lecet di sekitar lubang kunci."

Otak A Be, Sang Anak Buah, memang selalu bisa berputar lebih dari tiga ratus enam puluh derajat. "Pak!" soraknya seakan-akan baru kejatuhan bulan. "Setelah ruangan ini dipasangi pintu baru, Pintu yang lama ini saya copoti engselnya, copot rumah lubang kuncinya, amplas pinggir-pnggirnya, cat ulang semua, lalu dimiringkan jadi horisontal. Nanti bisa ditaruh di lobby sebagai sekat pembatas tempat duduk tamu. Pasang dua bor saja di lantai, pasti Pintu akan kokoh di situ. Lalu..."

Teman Satu dan Teman Dua memandang A Be dengan takjub.

"Lalu, Pak," lanjut A Be. "Bagian bolong yang bekas rumah lubang kunci itu digantungi hiasan, misalnya: bunga. Pasti akan jadi sentuhan yang memberikan image yang baik tentang perusahaan kita kepada tamu-tamu yang bertandang kemari."

Teman Satu dan Teman Dua masih terdiam. Dalam pikiran mereka berkecamuk demikian: "Orang ini sungguh cerdas. Kalau jabatannya dinaikan, bisa-bisa kami nanti tersusul. Bisa-bisa dia malah menjadi atasan kami. Oh, tidak!"

Pintu tegak berdiri mendengar seluruh percakapan. Ketika Angin berhembus, ia tarik tangannya, dan menarilah mereka bersama. Derit-derit engsel Pintu kembali terdengar. Kali ini, derit-derit keriangan. Pintu seakan tak percaya ketika Sang Anak Buah menancapkan obeng pada engselnya. Saat-saat terakhir memang agak menyakitkan, karena Sang Anak Buah menghantam tangan dan kakinya keras-keras. Namun, segera diingatnya impiannya. Sakit itupun hilang rasanya. Akhirnya, ia bisa bebas dari Kusen.

Sang Anak Buah mengaduk-aduk isi gudang. Ia tak menemukan lubang kunci dan anak kunci yang cocok untuk dipasangkan di pintu yang baru. Sementara itu ruang sebelah terus melongo. Pak Darwin mulai resah. Karyawan-karyawan lain lalu lalang di depan ruang sebelah. Satu persatu mulai merasa ada kejanggalan. Lalu entah kabar burung dari mana, tersiarlah isu bahwa Pak Darwin telah diam-diam mencongkel lubang kuncinya Pintu untuk mencuri Kusen.

"Mencuri Kusen?? Untuk apa??" bisik karyawan satu kepada yang lainnya.

"Ada apa sih? Sepertinya seru nih," ujar Bu Sekretaris. Biasalah, kaum hawa haus gosip hangat.

"Itu lho, Pak Darwin."

"Pak Darwin? Kenapa dia?"

"Dia bobol Pintu ruang sebelah supaya bisa mencuri Kusen."

"Mencuri Kusen?? Untuk apa??"

Musik tanda istirahat siang pun mengalun. Langkah-langkah menuju ruang makan hari ini lebih ramai daripada biasanya, karena diiringi suara desas desus di antara para karyawan. Suasana di dalam ruang makan pun lebih hangat hari ini. Desas desus pun berlanjut sampai di depan pintu musholla. Bunyinya sekarang:

"Gue nggak abis pikir. Ngapain juga sih si Pak Darwin itu mengantongi engsel Pintu?"

Sementara itu, di dalam gudang Sang Anak Buah sudah memutar otaknya lima kali tiga ratus enam puluh derajat. Dia masih belum menemukan lubang kunci dan anak kunci yang cocok. Kalau dia mengajukan memo untuk membeli lubang kunci baru, pasti berantakan sudah image smart yang telah dianugerahkan kepadanya. Sudah impian tak tercapai, gelar smart dicopot pula. A Be lemas. Sekarang dia tinggal memutar otak untuk mengkalkulasi cara terbaik meratapi nasibnya.

Tiba-tiba... "Mas, Mas..." terdengar suara Dik Klining Serfis.

"Iya, Kis, ada apa?" sahut A Be tak bersemangat. "Makan saja dulu sana."

"Bukan. Iki lho, Mas. Tadi ada di lantai." Dik Klining Serfis menunjukkan Kunci kepada A Be.

"Oh... Terima kasih ya, Kis." A Be masih tak bersemangat. Apa gunanya kunci tanpa lubang kunci, pikirnya.

A Be menelungkupkan kepalanya di antara kedua dengkulnya. "Aku smart," desisnya lirih pada dirinya sendiri.

"Ah, barangkali," pikir A Be lagi. "cara memutar anak kunci juga berpengaruh."

Maka diraihnyalah anak kunci yang ada paling dekat dengannya. Itulah Kunci yang baru saja diserahkan Dik Klining Serfis kepadanya. Sang Anak Buah memasukkannya ke dalam lubang kunci yang dia ambil dari dalam kardus tadi. Tiba-tiba...! Klik!

"KLIK!" Kunci menjerit lebih keras ketika A Be memutarnya untuk kedua kalinya. Jeritan keriangan.

Dengan cekatan Sang Anak Buah alias A Be memasang lubang kunci pada pintu ruang sebelah yang baru. Siap!

Kunci menggantung dengan manisnya. Dia telah berkelana. Dia sudah melihat dunia. Impiannya telah tercapai.

Rasa percaya diri A Be jadi semakin kuat. Ia percaya sungguh-sungguh bahwa ia smart. Otaknya kini kembali berputar-putar. Selesai sholat, dihampirinya Teman Satu dan Teman Dua, "Pak, nanti kalau Bapak Direktur inspeksi ke sini, jangan lupa tunjukkan sekat baru yang telah Bapak-Bapak buat di lobby. Biar image kita bagus di mata Bapak Direktur."

"Oh ya, ya, ya! Tentu, tentu!" Teman Satu dan Teman Dua menganngguk-angguk serempak. Lega.

By Every Breath

Jakarta, May 20 2011

Between my exercises this evening at Gold Gym, I sat back and reached for my Nokia N86. Facebook Mobile, click. Scroll down, scroll. See more stories, click.

...! I held my breath. I read, "Rest in peace, my dear friend." from someone on my friend's wall. What?? I clicked her profile. Her wall was full with condolences from her friends.

Through a friend of ours, I was told that she lost consciousness while she was snorkeling at Komodo Island. Two doctors who happened to be on site failed to give her a CPR. The boat supposed to get my friend failed to come in time. She was only 39.

A few days ago I had just received news about my teacher in junior high school who went to be with the Lord. She had been sick for quite awhile.

On my exercise bench I sat, thinking. I exercise in order to be healthy. To be precise, for me it's to stay fit for as long as possible so that I can travel and capture as many pictures as possible -- of this world's awesome nature. However... in the end, it's God who keeps every breath I take. No gymnasium can add to it even one.

Death. That can happen at an old age like my teacher. But that also can happen at a young age like my friend. That can happen in a hospital, but also in a trip. I stared at the gym equipments standing so firm in front of me. You are meaningless, I whispered.

If You Could Choose

If you could choose,
which one would you prefer to be?

Someone who inspires many but is unacknowledged,
because those inspired by you thought they are great.


Someone who gets inspired after acknowledging someone's excellence,
because you could see someone great.




Sukanya aku pada sinar matahari adalah ibarat pengidap diabetes yang suka makan coklat. Aku suka rumah yang terang benderang bermandikan cahaya matahari, tetapi paling tidak tahan panas. Aku suka ngiler melihat desain rumah hemat energi di majalah-majalah. Aku ngiler karena seberapapun kocekku dihemat, masih belum mampu membayar sebuah rumah berdesain hemat energi. Di rumah 34/60-ku sekarang, jendela kubuka lebar-lebar, supaya cahaya matahari bisa masuk sebanyak-banyaknya. Sementara tetangga-tetanggaku membangun awning di atas carport-nya, meninggikan tembok pemisah antar tetangga, dan meninggikan pagar depan yang jaraknya ke pintu itu kurang dari panjangnya sebuah mobil sedan, aku biarkan wajah rumahku sebagaimana aslinya dari pengembang. Bukannya aku tidak puyna uang lho. Bagiku, kelakuan tetangga-tetanggaku itu adalah tindakan membunuh sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, tetangga-tetanggaku rata-rata hanya punya 1 unit AC, sedangkan aku punya 2. Bukan satu dua kali terbesit angan untuk membeli yang ketiga. Buat di ruang tamu.

Selain suka pada sinarnya matahari, aku suka pada makhluk-makhluk yang hidup di bawah naungannya. Aku suka binatang dan alam di sekitarnya. Saluran televisiku melulu bergulir pada Animal Planet, Discovery Channel, National Geographic, Nat Geo Adventure, TLC, BBC Knowledge. Jangan tanya soal gosip artis padaku.

Ketika menyaksikan binatang ini itu terancam punah karena habitatnya dibabat oleh manusia, hatiku miris sekali. Tiba-tiba,

"Buat apa kamu miris? Apa yang kamu berikan buat binatang-binatang itu?" suara hatiku bertanya.

Teringat aku pada seorang nenek di Hokkaido, Jepang, yang mulai memberi makan pada satu burung bangau Jepang yang suka mampir di depan rumahnya pada musim migrasi. Jenis burung bangau yang tadinya hampir punah itu kemudian menjadi tamu tetap tahunan di rumah nenek ini. Demikianlah berpuluh tahun kemudian burung bangau itu berlipat ganda dan sampai sekarang setiap tahun burung-burung bangau itu menggelar tarian rutinnya di depan rumah nenek ini. Nenek yang sudah sepuh ini dengan setia mendorong kereta berisi pakan burung bangau melewati salju tebal, untuk burung-burung bangau yang sudah berpuluh-puluh jumlahnya sekali datang itu.

Demikian juga dengan tempat pelestarian orang utan Nyaru Menteng di Kalimantan. Aku sudah pernah menonton acara TV-nya, tetapi masih juga membeli DVD-nya. Tidak bosan-bosannya kutonton. Lucu sekali orang-orang utan itu. Sekolah pakai pampers... hahaha.Tetapi lagi-lagi,

"Apa yang telah kamu berikan?" tanya suara hatiku.

Lama-lama aku jadi merasa seperti orang yang makan di restoran dengan lahap tetapi tidak pernah membayar. Maka, aku mulai peduli sedikit pada soal penghematan energi. Aku masih tidak bisa berpisah dari AC. Tetapi mungkin aku bisa mulai dengan hal lain. Mulailah aku membuat skala prioritas untuk konsumsi energi listrikku.
  1. AC
  2. Kulkas
  3. Komputer / laptop
  4. Lampu penerangan
  5. Televisi
  6. Mesin cuci dan setrika
  7. Charger HP dan kamera
  8. Water heater
  9. Mixer, blender, rice cooker, coffee maker
  10. Pengering rambut

Berdasarkan skala prioritas ini, aku membuat analisis tindakan penghematannya, sebagai berikut. 

1. AC
Saking cintanya aku pada AC, aku sudah untuk kesekian kalinya ditegur ibuku karena berangkat ke kantor tanpa mematikan AC di kamar tidurku. Suatu ketika pernah juga aku ditelepon oleh tetangga di seberang rumah. Kaget. Kukira kompleks kami kenapa-kenapa. Ternyata dia dengar suara unit outdoor dari AC-ku, sedangkan dia tahu tidak ada orang di dalam rumah.

Tindakan Penghematan:
Tidak lupa mematikan AC sebelum meninggalkan ruangan.

2. Kulkas
Salah satu hobiku adalah bikin kue. Kulkas bagiku penting untuk menyimpan bahan-bahan kue dan kue itu sendiri. Tentunya melebihi durasi kehidupan AC di rumahku, kulkas harus hidup 24 jam sehari.

Aku punya kebiasaan buruk lain yang harus dihentikan. Kalau berbelanja biasanya aku naik taksi. Supaya taksinya tidak cuma mengangkut diriku, taksinya aku isi dengan barang belanjaan sebanyak-banyaknya. Ogah rugi. Selain kebutuhan sehari-hari, aku nyetok bahan kue juga. Mulai dari keju batang, keju krim, keju lembaran, mentega asin, mentega tawar, mentega putih, coklat hitam, coklat setengah coklat, coklat putih... komplit. Masalahnya hobiku bukan cuma satu dua. Padahal aku masih harus kerja lima hari seminggu untuk menghidupi hobiku yang segudang. Alhasil, kalau aku sudah keasyikan dengan hobi lain, hobi bikin kue terpaksa mengalah. Kalau mengalahnya terlalu lama, bahan-bahan kue yang kubeli itu menjadi kadarluwasa.

Kadang aku ingat jika ada yang sudah mau kadarluwasa, tetapi lebih seringnya tidak. Lalu setelah akhirnya aku menyadari bahwa bahan itu sudah kadarluwasa, aku tidak membuangnya, karena aku tidak punya nyali menghadapi hati nuraniku yang menyalahi diriku telah membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak dipakai. Namun di lain pihak, membiarkan item-item yang tidak terpakai di dalam kulkas mengakibatkan kerja kulkas menjadi semakin berat.

Tindakan Penghematan:
Tidak boleh gelap mata saat berbelanja bahan kue. Harus sadar bahwa aku cuma punya 24 jam dalam sehari. Kontrol kekadarluwasaan setiap item di dalam kulkas.

3. Komputer / Laptop
Hobiku yang lain lagi: fotografi. Jelas perlu komputer untuk mensortir, meng-edit, dan menyimpan hasil jepreteanku. Komputer juga kupakai untuk menikmati dan belajar dari hasil jepretan para pakar segenap penjuru dunia, melalui internet.

Hobiku yang lain lagi: menulis. Dibaca orang adalah kepuasan yang berikutnya. Kepuasan utamanya adalah keberhasilan membentuk apa yang ada di dalam kepalaku dengan sederetan huruf. Untuk itu, aku butuh komputer.

Bisa dikatakan bahwa komputer adalah benda ketiga setelah baju dan kamera, yang setia melekat di tubuh, selain saat mandi. Saking setianya, sering aku berkomputer ria hingga jelang subuh, lalu terkantuk-kantuk, dan akhirnya jadi malas menutup windows yang aktif, menggeser kusor ke icon shut down, menekan tombol monitor, lalu menekan saklar stabilizer (ketika pakai desktop). Dengan berdalih pada diri sendiri bahwa aku cuma akan tidur sebentar dan melanjutkan berkomputer ria lagi, aku biarkan komputer begitu saja dan pergi tidur.

Tindakan Penghematan:
Meninabobokan komputer sebelum meninabobokan diri sendiri.

4. Lampu Penerangan
Asal laptop-ku ini yang baterainya kuat 8 jam dan modem IM2-ku lancar, aku masih bisa menyibukkan diri. Kalau PLN mogok kerja di malam hari, yang pertama kusesali tetap AC yg mati. Baru kusesali matinya lampu jika aku tengah asyik membaca sebuah buku. Ini hobi lain lagi. Tapi hobi membaca jaman sekarang sudah bisa disalurkan lewat layar kaca. Oleh karena itulah lampu penerangan aku letakkan pada prioritas berikut setelah komputer.

Tindakan Penghematan:
Pakai lampu hemat energi. Sebelum bikin rumah hemat energi, beli lampunya saja dulu. Kemudian memastikan lampu-lampu yang tidak perlu sudah dimatikan saat meninggalkan rumah.

5. Televisi
Frekuensiku menonton TV kurang dari 10 jam seminggu. Seminggu, lho ya. Dalam hal ini rasanya sudah super duper hemat dibandingkan dengan orang kebanyakan. Dulu aku punya kebiasaan buruk tertidur di depan TV, tetapi sekarang sudah tidak lagi.

6. Mesin Cuci dan Setrika
Frekuensi pemakaian hanya kalau kepepet. Maksudnya, kalau pakaian bersih di lemari sudah habis. Mesin cuci otomatis mati sendiri jika sudah selesai bekerja. Setrika tidak pernah lupa dimatikan saking takutnya kebakaran.

7. Charger HP dan Kamera
Jaman sekarang dunia seakan chaos sekali saja HP tertinggal di rumah. Kamera di HP-ku, Nokia N86 8MP, lumayan canggih. Sedangkan kamera EOS 50D-ku, kalau liburan, makannya jadi banyak. Kalau liburan, aku kan sering tamasya. Otomatis EOS 50D-ku kusuruh mengabdi before sunrise sampai after sunset biar keren karya-karyaku.

Tindakan Penghematan:
Tidak men-charge sambil ditinggal tidur, kecuali hanya akan tidur sejam dua jam saja. Selain energi listrik untuk mengisi baterai yang sudah penuh itu menjadi sia-sia, baterai pun konon akan cepat rusak.

8. Water Heater
Aku pakai hanya jika mau mandi di atas jam 10 malam atau sedang tidak sehat. Selain dari itu, mandi dengan menggunakan water heater malah membuat badanku berkeringat setelah selesai mandi. Biasa, aku kan tidak suka panas. Lagipula, kata ibuku, mandi air dingin itu sehat.

9. Mixer, Blender, Rice Cooker, Coffee Maker
Aku jadikan satu golongan, karena frekuensi pemakaianku untuk keempat perlengkapan di atas kira-kira sama, yaitu maksimal 4 kali sebulan dengan masing-masing durasi kurang dari 15 menit.

10. Pengering Rambut
Rambutku sangat pendek. Aku pakai pengering rambut hanya jika setelah keramas akan segera keluar rumah. Itupun hanya sampai setengah kering saja. Ini bukan karena mau berhemat energi. Ini karena rambutku tidak tahan kena panas terlalu lama. Sejarah hidupku telah membuktikan bahwa pengering rambut membut rambutku pecah-pecah. Biasa, aku kan tidak suka panas.

Setelah membuat daftar prioritas konsumsi energi, kemudian analisis tindakan penghematannya, kubuat pula activity plan-nya. Pada Earth Hour 2012 akan kuevaluasi kemajuannya.

Demikianlah aku pikir, berpartisipasi dalam Kampanye Earth Hour tidak berarti harus merenovasi rumah dengan desain hemat energi. Berpartisipasi dalam Kampanye Earth Hour bisa dimulai sekarang juga mulai dari hal yang sederhana, seperti penghematan listrik. Jika yang kita bayangkan bahwa Earth Hour itu mati lampu, gelap, dan panas, membayangkannya saja sudah membuat sengsara. Buatlah saja dulu skala prioritas, lalu seimbangkanlah hal-hal yang mutlak dengan hal-hal yang masih bisa ditolerir.

Jika anda sama seperti aku yang tidak tahan panas, ingatlah bahwa semakin kita memboroskan energi bumi ini, semakin panas jadinya bumi ini. Kalau mau tidak kepanasan, yuk, berhemat energi!

For Japan I Pray

for the teachers who came to my side
and curved my future bright

for the friends who sought to make my every ride
in their country an unforgettable delight

for the expats who had been such a guide
although some thought they are always right

for the nation who held up so high their pride
but turned into debris in just a night

for the land which tsunami pushed aside
with all the earthquake-proof buildings as if so light

I pray, may GOD abide
in this life's fight

I'm Not Superstitious, But.

I grew up being taught to believe in God and only God. That includes not believing in superstitions. It's God, Dad often said, that brings you luck. No other. Okay, I believed in God plus Dad.

I was like eight at that time. I had a red dress. It wasn't solely red. It had some white parts. It was a one piece dress. At first I thought it was just a coincidence. But, it happened again, and again. Everytime I wore that dress, Dad would be mad at me, and I would cry. Then I would pull up my skirt and wipe my nose with it. It happened so often that the dress seemed to smell bad even though it had been washed already.

I admit that although I looked cute, I was naughty. Dad had many reasons to be mad at me besides he himself being a strict man. But, what I couldn't comprehend was why do I tend to be nasty everytime I'm wearing that dress?

Till this moment I still can picture in my mind the time I pulled our chess of draws. The lower part was to put my clothes. I had just taken a shower and wanted to change my clothe. I saw that red dress on top. I hesitated. But the other side of me reminded myself not to be superstitious. I thought for awhile. Had I been naughty?

No, not at all, I concluded. Don't be superstitious! I told myself once again.

So, I pulled out that red dress and wore it on. It was piano practice time, so obediently, sweetly, I went to the piano and practiced my lessons.

Suddenly, out of the blue, Dad scolded me. I was so shocked, because I didn't think it would be an issue. What issue, I don't remember at all. Still sitting by the piano, I cried, pulled up my skirt, and rubbed my nose. Since then, I never ever wanted to put on that red dress again.

That red dress laid idle for weeks, maybe months, inside the drawer. One morning, I remember it was a holiday, Mom tidied and cleared up the room. She took all my clothes out from the drawer. Suddenly she said to me who was playing,

"Uggghhh! This dress smells! How come?! Do you mind if I give it away to Bibi (our maid)?"

"Yes, please!!"

Satu Tuju Dua

satu tuju dua
satu tuju tamba dua
aku lahir

satu tuju dua
bukan dua jadi satu?
aku bertanya

satu tuju dua
satu tuju bulan dua
aku merdeka

melangkah melihat dunia

Aku Ingin Tahu

ketika kamu melihat tubuh rupawan itu terbaring tak bernyawa
apakah teringat olehmu tentang DIA yang menyelamatkan nyawamu dari bom di Hotel JW Marriott?
aku ingin tahu

Bianglala 3 Warna vs Andrea Hirata

Belum selesai buku-buku baru di lemari bukuku dibaca, sudah ada lagi informasi tentang sebuah buku yang membuatku penasaran. Ah, sekali lagi, dan sekali lagi, seandainya sehari itu terdiri dari 48 jam ... (tapi jam kerjanya sama ya... :P)

Judul buku itu adalah "Bianglala 3 Warna". Pembawa informasinya berinisial "S" dan ditulis dalam sebuah milis tentang wisata dengan inisial... err, jangan deh, ntar ada yang marah. Jika aku tidak salah tangkap Bahasa Indonesia yang disampaikan Mas S di postingnya itu, "Bianglala 3 Warna" ini menelanjangi kebohongan kisah-kisah di "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata. Singkatnya, novel "Bianglala 3 Warna" ini "keren", menurut Mas S. Tanggapan terhadap posting ini langsung bertubi-tubi (dan cepat) dirilis di milis yang setiap postingnya dimoderatorisasi dulu ini. Pada akhir postingnya, Mas S mengajak mengadakan acara bedah buku "Bianglala 3 Warna".

Sebagai milis yang temanya adalah wisata, aku agak bingung. Bedah buku  "Bianglala 3 Warna" untuk apa? Kalaulah tempat-tempat dan nama-nama yang dikisahkan dalam "Laskar Pelangi" bukanlah kisah nyata, sepanjang ingatanku di dalam "Laskar Pelangi" tidak ada disebutkan bahwa ini merupakan kisah nyata. Namanya juga novel. Suka-suka yang nulis donk. So what gitu lho. Kalaupun Belitong tidak ada dalam peta dunia, tidak ada larangan untuk menulis tentang sebuah tempat bernama "Belitong", bukan?

Sedangkan bahwa Belitong itu merupakan tempat yang sangat indah, itu adalah kenyataan yang aku yakin seyakinnya hanya bisa dipungkiri oleh orang buta. Jadi, kalau mau bikin acara bedah buku, yang mau dibahas itu tentang keberadaan SD Muhammadiyah Gantong yang sebenarnya atau tentang Belitong? Atau lebih parah, tentang kehidupan penulis "Bianglala 3 Warna" yang konon pernah menjadi istrinya Andrea Hirata? Apa ya hubungannya dengan wisata?

Pemandu wisataku ketika ke Belitong menceritakan tentang bagaimana kemajuan Belitong setelah "Laskar Pelangi" laris manis. Dia memperlihatkan jalan-jalan yang baru diaspal. Katanya, dulu pemerintah tidak peduli pada infrastruktur Belitong. Singkatnya, "Laskar Pelangi" telah berjasa dalam memajukan pembangunan Belitong. Kira-kira jasanya "Bianglala 3 Warna" apa ya? Duh, penasaran aku.

Kenyataan lain dari "Laskar Pelangi" adalah gaya penulisannya yang sangat mantap. Sangat hidup. Mungkin saking hidupnya, ada sekelompok orang yang tidak bisa menerima jika yang "hidup" itu tidak ada di dalam kehidupan yang sesungguhnya. Justru di situlah keberhasilan seorang penulis. Hmmm... masih bingung nih. Jadi mau bikin acara bedah buku buat apa ya? Kalau secara wisata, Belitong kan masih tetap indah untuk dikunjungi. Kalau secara sastra, hmmm... seru juga sih. Seru, karena pastinya banyak novel lain yang mentah-mentah fiksi semata. Apa mau dibongkar juga "kebohongannya"?

Promo Mati Kutu

Indosat : Halo, selamat siang. Ini dari Indosat. Dengan Ibu XXX?

Saya     : Ya, saya sendiri.

Indosat : Boleh minta waktunya sebentar?

Saya     : Untuk apa ya?

Indosat : Kami mau survei. Bisa ya, Bu? Sebentar saja.

Saya     : Baik. (Males sih sebenarnya. Tapi terpikir bahwa suatu waktu mungkin aku perlu minta waktu org juga.)

Indosat : Ibu sering berpergian ke luar negeri dalam kurun waktu 2-3 bulan ya, Bu?

Saya     : (Pipi merah sedikit. [Rasanya.]) Ya nggak sampai 2-3 bulan-lah, Bu. Emangnya nggak kerja apa?

Indosat : Oh gitu ya? Jadi berapa kali setahun Ibu berpergian ke luar negeri?

Saya    : Ya... paling setahun sekali atau dua kali. (Untuk tahun 2009 benar, tahun 2010 salah. Dia kan nggak tanya tahun :P)

Indosat : Begitu ya, Bu? Biasanya negara mana yang paling sering dikunjungi?

Saya     : Vietnam.

Indosat : Vietnam...?

Saya     : Ya, ke Vietnam.

Indosat : Oh. (Hening sejenak.) Kebetulan kami belum punya promo hemat roaming untuk Vietnam. Tetapi untuk negara-negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia ... (Lupa, apa lagi.) sudah ada. Sebagai contoh, biaya roaming dari Singapura, yang tadinya XXX, menjadi YYY. Menurut Ibu, apakah penurunan tarif ini membantu?

Saya     : Sudah beberapa kali saya menelpon ke rumah dengan nomor ini ketika sedang berada di luar negeri dan menurut orang rumah, suaranya tidak jelas. Jadi, kalau suaranya kurang jelas, tentu saja tidak membantu.

Indosat : Tetapi, terlepas dari kualitas suaranya, apakah biaya roaming dari Singapura, yang tadinya XXX, menjadi YYY itu bisa membantu?

Saya     :  Bu, sekalipun gratis, kalau tidak jelas suaranya, berarti tidak bisa terpakai. Kalau tidak terpakai, tentunya tidak membantu, bukan?

Indosat : Kalau begitu, lain kali coba handphone-nya dimatikan, lalu dihidupkan kembali.

Saya    : Kan kalau naik pesawat, pasti dimatikan dulu. Begitu keluar dari pesawat ya dihidupkan kembali.

Blessing in Disguise

December 24th, 2010

In the morning I reserved a Blue Bird Taxi for 4:30 PM that day. At approx 4:15 PM,  Blue Bird No. NM492 arrived in front of my house. I told the driver to wait. Actually I intended to leave at 4:45 PM, but ordered for 4:30 PM because Blue Bird used to come late -- quite often. I've endlessly complaint until I got tired myself. At the beginning I got an apology, but still no significant change.

Suddenly at 4:30 PM the driver knocked on my gate. "Excuse me," he said. "May I turn on the meter?"


"Because it has been more than 15 minutes."


"Well, excuse me, I'm just following the procedure."

"What procedure?"

"When a customer is late more than 15 minutes, the driver can request to turn on the meter or leave."

I really got mad. This isn't fair at all. I have several times experienced Blue Bird arriving late at my house more than 15 minutes. Like 30 minutes until an hour. I had already experienced missing a train and a boat because of Blue Bird arriving late. Does Blue Bird know how much they had cost me? Aaaarrrrggghhh!

I tried to explain to the driver that I ordered for 4:30 PM and not 4:15 PM. He said he didn't know about that he was only told to come immediately to my house. The way he didn't care about that made me even more furious.

To make a long story short, I told him to take option number two in his so called "Blue Bird's Procedure" which is leave the customer.

I called another Blue Bird Taxi counter in my neighborhood. While waiting for my order to come, I realized that I had left my tripod in the room. Wow!! I was terribly mad with the NM492 driver but now I felt like I wanted to hug him. If he had been kind, I would get on his taxi and leave my tripod at home. If that happens, my 11 days photography trip would be in total mess.